inklusi pedesaan
Uncategorized

Peran UMKM sebagai Penguat Inklusi Keuangan Pedesaan

Apa itu inklusi keuangan? Inklusi keuangan adalah semua pihak yang mengakses produk dan jasa keuangan. Inklusi keuangan pedesaan merupakan pelaku ekonomi yang berada di pedesaan dan mengakses produk keuangan di tingkat menengah ke bawah, seperti koperasi. Dalam penguatan inklusi keuangan, UMKM berperan penting dalam lima hal berikut ini.

1. Meningkatkan Produktivitas Masyarakat

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sebagai solusi peningkatan perekonomian menengah ke bawah haruslah dikelola dengan baik. perannya yang sangat besar sebagai pendorong kegiatan usaha masyarakat pedesaan sangatlah baik untuk dioptimalkan.

Produktivitas masyarakat di wilayah desa bisa disinergikan untuk menghasilkan produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomis tentunya. Peningkatan produktivitas dalam wadah UMKM tersebut terbilang efektif untuk memberdayakan masyarakat desa demi peningkatan kesejahteraan ekonominya. Segala pengetahuan dan keterampilannya bisa tersalurkan.

Seiring berjalannya waktu, pembinaan yang diberikan oleh UMKM kepada seluruh tenaga kerjanya, yaitu masyarakat desa, bisa mengedukasi dan meningkatkan hasil kerja. Peran UMKM ini mampu meningkatkan kerja sama antara pelaku ekonomi yang ada di desa di bidang ekonomi. Kesejahteraan akan meningkat karena antusias dalam bekerja.

2. Solusi Kemajuan Ekonomi Menengah ke Bawah

Kurangnya pengetahuan dan keterampilan di masyarakat pedesaan menjadi faktor penghambat utama kurangnya intensitas inklusi keuangan di daerah pedesaan. Kurangnya pengetahuan dalam menggunakan akses keuangan juga menjadi faktornya. Tingkat pendidikan yang rendah serta dana yang kurang memadai juga termasuk faktornya.

Hadirnya UMKM sebagai wadah masyarakat desa untuk bekerja merupakan solusi kemajuan ekonomi menengah ke bawah. Dengan bekerja di sebuah badan usaha, diharapkan masyarakat desa menjadi paham pentingnya bekerja yang efektif.

Pendapatan masyarakat juga jadi lebih pasti dan lama kelamaan akan meningkat seiring peningkatan produktivitas. Karenanya, pemakaian jasa keuangan seperti menabung di koperasi atau BMT juga meningkat dan mendukung intensitas inklusi keuangan.

3. Meningkatkan Distribusi Produk Pembiayaan

Karena merupakan badan usaha mikro kecil menengah, UMKM yang dikembangkan oleh masyarakat desa ini masih memerlukan dana usaha. Menyikapi hal ini, pembiayaan dari lembaga keuangan adalah solusi peningkatan inklusi keuangan pedesaan. Melalui cara ini, tentu saja UMKM berperan meningkatkan distribusi produk pembiayaan.

Pembiayaan ini bisa berasal dari industri keuangan konvensional ataupun syariah. sebagai contoh, pengajuan pembiayaan untuk UMKM ini bisa berasal dari koperasi konvensional atau BMT sebagai lembaga syariah. Jika pendapatan usahanya sudah meningkat, maka pembiayaan dari lembaga perbankan konvensional atau perbankan syariah bisa diajukan.

4. Menghasilkan Inovasi Produk Lokal

Inovasi produk ini bisa diciptakan melalui eksplorasi secara terus menerus. Pemikiran kreatif tentu mendasari terciptanya inovasi produk. Pada umumnya, produk yang dihasilkan oleh UMKM adalah berupa pemanfaatan produk lokal. Oleh karena itu, inovasi produk lokal bisa dioptimalkan dengan variasi produk dari segi kemasan, cita rasa, dan sebagainya.

Inovasi produk lokal ini tentu saja menguatkan ciri khas produk dari UMKM. Dengan adanya ciri khas produk tersebut, pemasaran produk jadi lebih mudah dan berdampak positif berupa peningkatan pendapatan.

Hal ini termasuk kapabilitas produsen yang menjadi daya tarik tersendiri dan sulit ditiru oleh pesaing. Semua ini mendorong peningkatan pendapatan dan kelangsungan usaha UMKM. Karenanya, inklusi keuangan di pedesaan bisa meningkat.

5. Mendorong Pemerataan Ekonomi Nasional dan Daerah

Pemerataan ekonomi merupakan dampak positif selanjutnya yang bisa dicapai karena keberhasilan pengelolaan UMKM. Peran usaha mikro kecil menengah ini mampu meningkatkan pendapatan dari masyarakat dengan perekonomian menengah ke bawah.

Penyediaan lapangan usaha dengan pembinaan sambil praktik kerja tentu sangat efektif untuk meratakan pencapaian kesejahteraan ekonomi daerah hingga nasional. Hal ini sangat mendukung upaya memajukan perekonomian daerah dan nasional.

Baca juga: Mau Sejahtera Di Hari Tua? 4 Jenis Usaha Ini Bisa Jadi Pilihan

Pengelolaan UMKM efektif dan berkelanjutan bisa mendukung peningkatan inklusi keuangan pedesaan. Pembiayaan usaha serta pemanfaatan fintech adalah fasilitas pendukungnya. Anda bisa membacanya di https://www.cekaja.com/info/mengenal-inklusi-keuangan-pengertian-manfaat-dan-inovasinya-untuk-negara/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *