mengelola keuangan
Uncategorized

Pengertian Inklusi Keuangan dan Cara Mengelolanya

Sudah tahukah Anda apa itu pengertian inklusi keuangan? Secara umum, inklusi keuangan itu berangkat dari berbagai transaksi keuangan yang ada di Tanah Air. Biasanya berorientasi pada jumlah nasabah yang menggunakan layanan keuangan tersebut. Kalau sudah tahu, yuk sekarang kita kenali cara-cara mengelola keuangan ketika kondisi ekonomi memburuk.

Hindari Rasa Panik

Ketika kondisi keuangan negara tengah merosot, rasa panik yang tiba-tiba menekan akan sangat berbahaya. Baik berbahaya untuk mental Anda maupun kesigapan terhadap solusi yang mungkin terjadi. Panik hanya akan menggiring Anda untuk mengambil keputusan yang mengarah pada kerugian. Untuk menyiasati rasa panik, manfaatkan data-data historis Anda.

Terutama terkait kondisi ekonomi dari masa ke masa yang dialami di Tanah Air. Misalkan saja pada tahun 2008 yang memiliki akar masalah kuat terkait gejolak ekonomi Amerika dan dampaknya di Indonesia. Saat itu, harga saham mutlak turun bahkan hingga ke level 2,610. Padahal 10 tahun sebelum itu, negara Indonesia mengalami hal serupa.

Setelah mengalami krisis tersebut, rupanya ekonomi Indonesia berangsur membaik. Kalau Anda berhasil mengesampingkan rasa panik, kemungkinan mengalami kerugian lebih kecil. Soalnya tidak tergesa-gesa dalam melakukan cut-loss atau penjualan saham-saham yang Anda miliki. Alhasil, kesempatan untuk return saham pun bisa 5 kali lebih besar.

Tiru Kebiasaan Orang Sukses

Tiada contoh yang paling tepat melainkan orang-orang yang tetap punya keuangan stabil dalam segala keadaan. Sadar atau tidak, kebiasaan dalam mengelola keuangan rupanya sudah dibentuk sejak kecil. Mungkin orang tua Anda dulunya boros. Maka tidak menutup kemungkinan, Anda juga memiliki karakter yang kurang lebih sama.

Dengan meniru kebiasaan orang sukses, maka setahap demi setahap Anda sudah berhasil keluar dari lingkaran hitam yang dibentuk sejak kecil. Mungkin sulit pada awalnya. Berkat pengertian inklusi keuangan yang Anda pahami, proses penerapan kebiasaan tersebut pasti lebih mudah dijalani.

Perbanyak Dana Cash serta Tabungan Likuid

Ketika ekonomi negara tengah memburuk, sebetulnya muncul banyak kesempatan untuk Anda jika mau berpikir lebih jeli. Salah satu caranya dengan memperbanyak dana cash serta tabungan likuid. Soalnya semakin buruk keadaan ekonomi negara, umumnya banyak yang jual aset dengan harga miring atau lebih rendah daripada biasanya.

Pada saat itu, semacam ada serangan “takut miskin” yang dialami oleh beberapa awak perusahaan. Alhasil, banyak yang berasumsi, bahwa jika tidak segera dijual, kemungkinan akan terus-menerus mengalami kemerosotan. Dengan fakta tersebut, Anda pun memiliki kesempatan lebih untuk memiliki aset produktif dengan harga semurah-murahnya.

Tabung dalam Banyak Bentuk Investasi

Ketika keadaan ekonomi negara memburuk, tabungan dalam bentuk uang tunai bukan pilihan yang tepat. Justru rugi karena inflasi kemungkinan besar akan membengkak. Jalan alternatifnya adalah dengan menabung dalam banyak bentuk investasi. Baik lewat investasi saham, reksadana, emas, mata uang, dan sebagainya.

Soalnya kalau hanya terpaku pada satu bentuk investasi saja, risikonya cukup besar. Hanya saja, Anda perlu belajar lebih lanjut terkait upaya diversifikasi dana agar risiko investasi lebih kecil. Sebelumnya, cocokkan dulu dengan minat Anda terhadap beberapa instrumen investasi yang ada. Setelah itu, baru ambil posisi sesegera mungkin.

Lunasi Utang Sesegera Mungkin

Kondisi ekonomi nasional yang merosot memungkinkan terciptanya angka inflasi yang tinggi. Dengan kata lain, saat Anda masih punya utang berbunga efektif, kemungkinan besar bisa terjadi pembengkakan angsuran per bulannya. Daripada mengalami risiko yang menakutkan tersebut, bukankah lebih baik segera lunasi utang-utang yang ada?

Baca juga: Peran UMKM Sebagai Penguat Inklusi Keuangan Pedesaan

Pengertian inklusi keuangan akan lebih mudah dipahami ketika Anda menerapkan praktik-praktik sebagai nasabah atas jasa layanan keuangan. Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan Anda simak di https://www.cekaja.com/info/mengenal-inklusi-keuangan-pengertian-manfaat-dan-inovasinya-untuk-negara/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *