syap mudik
Info & Blog

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Meninggalkan Rumah untuk Mudik

Persiapan mudik pasti dilakukan secara cermat agar tidak ada barang-barang yang tertinggal. Demikian pula halnya dengan pemerintah yang merencanakan peraturan ganjil genap saat mudik untuk meminimalkan risiko macet. Sehingga diharapkan para pemudik dapat menempuh perjalanan ke kampung halaman secara lancar tanpa kendala macet parah.

(Blog Rekanan : Tips Mengajukan Pinjaman Online Cepat Mudah)

Ternyata ada hal lain yang tak boleh luput dari perhatian Anda sebelum mudik. Keamanan rumah patut dijaga secara cermat sebelum Anda berangkat mudik. Lakukan lima hal ini sebelum mudik agar rumah Anda tetap aman meskipun sedang dalam keadaan kosong:

Mematikan Saluran Air, Listrik, dan Gas

Jangan lupa memeriksa saluran air, listrik, dan gas sesaat sebelum mudik. Anda wajib memastikan bahwa saluran tersebut sudah mati. Supaya risiko kebakaran atau kecelakaan tak terduga lainnya dapat diminimalkan. Anda juga bisa memasang lampu dengan sensor cahaya. Supaya lampu tersebut bisa mati secara otomatis pada pagi hingga sore hari. Cara ini tak hanya membuat penggunaan listrik jadi efisien, melainkan juga tidak mengesankan bahwa rumah dalam keadaan kosong.

Mengunci Semua Pintu dan Jendela

Jangan lalai mengunci semua pintu dan jendela sebelum pergi mudik. Karena pintu dan jendela yang terbuka adalah sasaran empuk bagi para pelaku kejahatan. Usahakan untuk menggembok pintu dari bagian dalam. Karena gembok pintu yang terdapat di luar pagar menunjukkan bahwa rumah sedang ditinggal penghuninya.

Menyimpan Barang Berharga di Tempat Aman

Anda patut menyimpan perhiasan, surat-surat, dan barang berharga lainnya di tempat yang aman. Selain menitipkannya kepada keluarga atau sahabat yang bisa dipercaya, Anda juga bisa menyewa fasilitas safety box di bank. Sehingga Anda tak perlu mengkhawatirkan barang-barang berharga tersebut sewaktu Anda meninggalkan rumah.

Rumah Harus Tetap Dibersihkan

Kondisi rumah yang kosong dan seakan tidak terawat akan menjadi pusat perhatian para pelaku kejahatan. Oleh sebab itu, usahakan agar bagian depan rumah tetap dibersihkan. Titipkan kunci kepada tetangga atau keluarga agar bagian depan rumah bisa dibersihkan. Namun, pintu depan rumah tersebut harus kembali dikunci dan digembok usai dibersihkan.

Memberi Tahu Tetangga dan Staf Keamanan

Tak ada salahnya memberitahukan tentang rencana mudik Anda pada tetangga dan staf keamanan. Supaya orang-orang terdekat tersebut bisa membantu menjaga rumah selama Anda pergi. Bila ada aktivitas yang mencurigakan di rumah Anda, tetangga dan staf keamanan bisa mengambil sikap tegas demi menjaga keamanan.

(Baca Juga : Cara Menghemat Air di Rumah)

Persiapan keberangkatan yang matang akan membuat Anda tenang saat meninggalkan rumah dalam waktu lama. Jadi, jangan terlalu terburu-buru saat akan berangkat mudik, ya. Pastikan kalau kondisi rumah Anda sudah aman dan siap ditinggal selama beberapa saat. Selengkapnya, mengenai informasi ganjil genap saat mudik dapat anda cek di url https://www.cekaja.com/info/apa-jadinya-kalau-ganjil-genap-diberlakukan-saat-mudik-lebaran/. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *