Kredit Motor
Kredit Kendaraan Bermotor

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Kredit Motor

Motor memang menjadi kendaraan utama saat ini, khususnya di kota-kota besar. Bagaimana tidak, motor adalah kendaraan yang paling meengerti saat terjadi kemacetan di jalan. Selain itu, motor juga termasuk kendaraan yang mudah untuk didapatkan. Tidak perlu menabung lama-lama, dengan kredit motor pun kita bisa memiliki sebuah motor impian. Motor kredit kini sudah menjadi senjata ampuh untuk memenuhi kebutuhan kita akan alat transportasi.

Akan tetapi, kita tetap harus waspada saat melakukan pengajuan kredit motor. Walau prosesnya mudah, jangan sampai kita melakukan hal-hal yang dapat merugikan untuk ke depannya. Berikut lima hal yang seharusnya tidak kita lakukan saat kredit motor:

Tidak Memperhatikan Keuangan Sendiri

Memperhatikan gaji atau pendapatan per bulan adalah hal yang wajib untuk kita lakukan sebelum mengajukan kredit. Perhitungan ideal untuk membayar cicilan kredit adalah 30% dari gaji. Jadi jika besar cicilan Anda jauh melebihi dari 30% gaji, sebaiknya tunda atau ganti pilihan motor Anda dengan menyesuaikan kemampuan keuangan Anda. Jika Anda tidak melakukan perhitungan ini atau malah memaksakannya, maka bisa jadi Anda akan kesulitan untuk pembayaran ke depannya.

Salah Memilih Perusahaan Leasing

Kini perusahaan leasing mulai ramai bermunculan karena permintaan masyarakat untuk kredit motor sudah bisa dikatakan tinggi. Masing-masing perusahaan berlomba dalam melakukan penawaran dengan iming-iming kemudahan pada pembeli, misalkan DP murah, dana kredit yang cepat cair, suku bunga rendah, dan tenor pinjaman yang lama. Tapi, jangan mudah tergoda akan tawaran itu, sebaiknya diteliti terlebih dahulu sebelum memilih perusahaan pemberi dana kredit tersebut. Jangan sampai salah memilih. Pilihlah perusahaan yang terpercaya, misalnya perusahaan-perusahaan leasing yang terdaftar di Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

Baca juga: Ajukan Pinjaman Uang Di Bogor, Hanya Dengan Sekali Klik

Tidak Memperhatikan Tanggal Pembayaran

Saat Anda disetujui untuk melakukan kredit motor, maka akan ada ketentuan tanggal berapa Anda harus melakukan pembayaran cicilan bulanan, yang sudah Anda tetapkan di awal.  Jika Anda tidak memperhatikan tanggal pembayaran, tentu saja Anda akan terlewat melakukan pembayaran. Akibatnya Anda harus membayar denda. Nah, hal ini dapat merugikan Anda sendiri. Membayar denda berarti Anda harus menambah biaya.

Tidak Tahu Kapan BPKB Bisa Diambil

Biasanya Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) akan diberikan kepada Anda setelah urusan administrasi sudah diselesaikan. Jadi sebaiknya Anda sudah mengetahui dengan jelas kapan dan bagaimana Anda bisa menerima BPKB motor Anda. Sebab tidak jarang ada perusahaan leasing yang mempersulit proses pemberian BPKB ini, jadi Anda harus aktif untuk mencari tahu atau bertanya ke perusahaan.

Malas Menggunakan Asuransi

Cukup banyak orang yang malas atau kurang memperhatikan pentingnya asuransi kendaraan termasuk asuransi motor. Sebab biasanya mereka merasa tidak penting dan berpikir hanya akan menambah pengeluaran saja. Apakah Anda termasuk orang seperti itu? Semoga tidak. Asuransi memberikan keuntungan bagi Anda sendiri jika terjadi musibah atau sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan dan kecelakaan. Dengan adanya asuransi, biaya yang harus Anda keluarkan jka terjadi musibah terhadap motor Anda maka akan menjadi lebih kecil.

Begitulah lima hal yang seharusnya tidak Anda lakukan saat kredit motor. Jika Anda membutuhkan info kredit motor secara online, Anda bisa mengakses https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor.

One Reply to “Jangan Lakukan Hal Ini Saat Kredit Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *